Jumat, 15 April 2011

TUTOR PAKE VISUAL BASIC

Suatu ketika seorang teman datang kepada saya. “Saya pengin sekali bisa bikin program. Sekarang saya lagi coba belajar Visual Basic. Tapi rasanya kok susah banget, ya?!! Ngga seperti program lainnya. Perintahnya banyak sekali. Ngga muat otak saya”, katanya. My God !!! Coba saja kalau dari awal ia mengenal komputer yang dipelajari adalah Visual Basic, tentunya sekarang yang ia katakan susah adalah Microsoft Word, Excell atau yang lainnya. Dalam Word, asal bisa baca tulisan pada keyboard, saya yakin semua orang pasti bisa bikin surat. Cukup ditambah mengerti perintah mencetak, jadilah surat yang ia inginkan. Entah bagaimanapun prosesnya.
Demikian juga halnya dengan Visual Basic. Untuk bisa membuat sebuah program aplikasi itu tidak mesti harus menguasai semua teori tentang Visual Basic. Asal logika jalan, semisal hanya bisa struktur If…Then sajapun itu sudah bisa digunakan untuk membuat sebuah program yang jadi.
;)Karena pada prinsipnya, semua software adalah sama mudahnya (atau bisa jadi malahan  sama– sama sulitnya  ).
Tutorial ini mencoba membahas tentang langkah–langkah membuat sebuah program aplikasi berbasis Visual Basic (program aplikasi untuk penerimaan dan pengeluaran barang logistik di gudang) dari awal sampai akhir. Dari merancang database sampai mengemasnya (packaging) menjadi program yang siap saji (emangnya makanan)
Download Tulisan Lengkap:
  1. imambk-tutorialvb.zip
  2. imambk-tutorialvb-source.zip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar